PENGERTIAN
OBYEK DAN RUANG LINGKUP ILMU ALAMIAH DASAR, ILMU SOSIAL DASAR, SERTA ILMU
BUDAYA DASAR
MAKALAH
Di
ajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah IAD,ISD,IBD
Dosen
Pengampu
Adi
Kusmanto, S.Pd.I, M.MPd

Disusun oleh:
1. Anis
Sawwitri
2. Imroatus
Sholikah
3. Umi
Fadhilah
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM AL MUHAMMAD CEPU
JURUSAN
TARBIYAH
2013/2014
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan
rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah
ini dengan judul ”Pengertian Obyek dan Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu
Sosial Dasar, serta Ilmu Budaya Dasar” dapat terselesaikan.
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan
tuntunan Allah SWT dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam
kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
Tim penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh
dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian, penulis telah berupaya dengan segala
kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan
oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka
menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
Harapan
penulis semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta dapat bermanfaat
bagi seluruh pembaca.
Cepu, September 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman
Judul..................................................................................................................... i
Kata
Pengantar.................................................................................................................... ii
Daftar
Isi............................................................................................................................. iii
Bab I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang............................................................................................... 1
1.2 Rumusan
Masalah........................................................................................... 2
1.3 Tujuan
Penulisan............................................................................................. 3
Bab II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
IAD, ISD, dan IBD..................................................................... 3
2.1.1
Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar).................................................. 3
2.1.2
Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)...................................................... 3
2.1.3Pengertian
IBD (Ilmu Budaya Dasar).................................................... 4
2.2 Ruang Lingkup IAD, ISD,dan IBD................................................................ 5
2.2.1
Ruang Lingkup IAD (Ilmu Alamiah Dasar).......................................... 6
2.2.2
Ruang Lingkup ISD (Ilmu Sosial Dasar).............................................. 6
2.2.3 Ruang Lingkup IBD (Ilmu Budaya Dasar)........................................... 6
Bab III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan...................................................................................................... 7
3.2 Saran................................................................................................................ 7
DAFTAR
PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Dewasa ini kita
dihadapkan dengan masalah yang saling berkaitan, yaitu: suatu kenyataan bahwa
bangsa Indonesia terdiri dari suku-suku bangsa, dengan latar belakang sosial
budaya yang beragam. Kemajemukan tersebut tercermin dalam berbagai aspek
kehidupan. Oleh karena itu diperlukan sikap yang mampu mengatasi ikatan-ikatan
primordial, yaitu kesukuan dan kedaerahan. Selain itu, Kemajuan dalam bidang
teknologi komunikasi massa dan transportasi, membawa pengaruh terhadap Ilmu
Alam.
Memang disadari Ilmu
Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar dianggap sanga perlu sekali
dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmutersebut
diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala alam, dan
mempunyai sifat kritis terhadap dinamika-dinamika sosial dan budaya.
Perlu diketahui bahwa
IAD (Ilmu Alamiah Dasar), ISD (Ilmu Sosial Dasar), IBD (Ilmu Budaya Dasar)
termasuk komponen MKU (Mata Kuliah Umum) yang tujuannya untuk merangsang
mahasiswa dalam mengembangkan seluruh potensi manusiawinya dalam menjawab
kenyatan-kenyataan kehidupan seluruh kehidupan alam, sosial, dan budaya
masyarakatnya, untuk membentuk mental yang positif. IAD, ISD,dan IBD merupakan
mata kuliah yang mengajak mahasiswa mempertanyakan atau mencari jawaban
penerangan nilai-nilai yang ada untuk memecahkan masalah alam, sosial maupun
budaya.
Dalam kesempatan
makalah kami ingin mengupas tentang pengertian IAD, ISD, IBD; dan ruang lingkup
IAD, ISD,IBD.
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian IAD, ISD, dan, IBD?
2.
Bagaimana ruang lingkup IAD, ISD, dan IBD?
1.3
Tujuan
Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah yaitu untuk
mengetahui lebih jelas tentang pengertian, dan ruang lingkup IAD, ISD,IBD.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
IAD, ISD, dan IBD
2.1.1
Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ilmu Alamiah atau
sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut
Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris disebut Natural Sciences atau disingkat
Sciences dan dalam bahasa Indonesia dengan istilah Sains.
Ilmu Alamiah Dasar
yaitu Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala alam semesta,
termasuk dimuka bumi ini. Ilmu Alamiah Dasar meliputi: fisika, kimia,
astronomi, biologi, botani dan lain-lain.
IAD (Ilmu Alamiah
Dasar) bertujuan supaya cakrawala pandang para mahasiswa semakin luas, sehingga
akan mampu memecahkan persoalan pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih
konpherensif.
Selain itu, diharapkan
mampu mengembangkan kepribadiannya agar peka dan cepat tanggap serta mau
mengambil tindakan yang tepat, dan bertanggung jawab terhadap masalah
perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam.
2.1.2
Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Ilmu
Sosial Dasar yaitu Ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan,
sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah
sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Ilmu Sosial Dasar terdiri
dari: sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi,
dan lain-lain. (M. Arifin Hakim,2001:13).
Tujuan
ISD (Ilmu Sosial Dasar) yaitu ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan
kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri- ciri
kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan
sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan
tingkah laku manusia- manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara
timbal balik.
ISD
juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum
dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi
gejala - gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan
penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan,
sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
2.1.3
Pengertian IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Ilmu Budaya Dasar adalah suatu Ilmu yang
mempelajari tentang dasar-dasar Kebudayaan, dan budaya memang merupakan salah
satu jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat. Ilmu Budaya Dasar meliputi:
bahasa, agama,kesusastraan, kesenian dan lain-lain.
Adapun
tujuan IBD (Ilmu Budaya Dasar):
Penyajian
mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat
memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang
dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan
demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah
satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities)
akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan
kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan
kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya.
Berpijak dari hal diatas, tujuan mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapan dapat:
Berpijak dari hal diatas, tujuan mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapan dapat:
1.
Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga
mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
2. Memberi kesempatan kepada
mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan
budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang
menyangkut kedua hal tersebut.
Jika diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
1. Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
2. Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
3. Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.
4. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
Jika diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
1. Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
2. Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
3. Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.
4. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.
2.2
Ruang
Lingkup IAD, ISD, da IBD
2.2.1
Ruang lingkup IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ruang lingkup Ilmu
Alamiah Dasar adalah:
1.
Kelahiran Alam Semesta
2.
Masalah Tata Surya
3.
Asal Mula Kehidupan Di Bumi
4.
Perkembangan dan Variabilitas Makhluk
Hidup
2.2.2 Ruang lingkup ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Kenyatan-kenyataan
yang bersama-sama merupakan masalah sosial, sehingga biasanya suatu masalah
sosial bisa ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda oleh bidang-bidang
pengetahuan keahlian yang berbeda-beda, sebagai pendekatan tersendiri, maupun
gabungan. Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat
yang masing-masing mempunyai kebutuhan serta pola pikir dan tingkah laku yang
berbeda-beda.
2.2.3 Ruang lingkup IBD (Ilmu Budaya
Dasar)
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya
mengungkapkan masalah kemanusian dan budaya (the humanities), baik dari segi
masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara
gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Hakikat
manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya, dalam
kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas
dapat disimpulkan bahwa IAD adalah kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep
dasar dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Sedangkan ISD adalah
pengetahuan yang menelaah tentang ilmu sosial, khususnya yang diwujudkan oleh
masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, teori,
konsep) yang berasal dari berbagai keahlian dalam lapangan ilmu sosial, dan IBD
adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan
pengertian umum konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah
manusia dan kebudayaan.
3.2 Saran
Dengan adanya makalah ini, diharapkan
pada Mahasiswa agar lebih mudah memahami yang berkaitan dengan pengertian, dan
ruang lingkup IAD, ISD, dan IBD.
DAFTAR
PUSTAKA
Mustofa, Ahmad.1997. Ilmu Budaya Dasar (IBD). Bandung:
Pustaka Setia.
Hakim, M. Arifin.2001. Ilmu Sosial Dasar, Teori dan Konsep Ilmu
Sosial. Bandung: Pustaka Satya.
Prasetyo, J. Tri.1992. Ilmu Alamiah Dasar (Komponen MKDU).
Surabaya: PT Bina Ilmu..
Wisnuardiansyah. 2010. Pengertian ISD Imu Sosial Dasar.
http:// wisnuwardiansyah.wordpress.com/2010/10/03/pengertian
isd-ilmu-sosial-dasar/. 2010. Nopember 3.
Izzati-site,blogspot.com/2012/09/ Pengertian dan Ruang Lingkup IAD, ISD, dan IBD.
Boedi. blogspot.com/ 2012/04 /Memahami Konsep Umum Tentang IAD, ISD, dan
IBD.
Edi
Sugiartono. 2011. Pengertian Ilmu Budaya
Dasar. http://edisugiartonos.blogspot.com/2011/10/tugas-ibd-part-1-pengertian-ibd-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar