Sabtu, 12 Oktober 2013

Pengertian obyek dan Ruang Lngkup IAD, ISD,IBD


PENGERTIAN OBYEK DAN RUANG LINGKUP ILMU ALAMIAH DASAR, ILMU SOSIAL DASAR, SERTA ILMU BUDAYA DASAR
MAKALAH
Di ajukan Sebagai Tugas Mata Kuliah IAD,ISD,IBD
Dosen Pengampu
Adi Kusmanto, S.Pd.I, M.MPd

amc-stai.jpg

Disusun oleh:
1.     Anis Sawwitri
2.     Imroatus Sholikah
3.     Umi Fadhilah

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM AL MUHAMMAD CEPU
JURUSAN TARBIYAH
2013/2014



KATA PENGANTAR
 Assalamu’alaikum Wr.Wb.
          Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada tim penulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini dengan judul ”Pengertian Obyek dan Ruang Lingkup Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, serta Ilmu Budaya Dasar” dapat terselesaikan.
            Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Allah SWT dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini.
            Tim penulis menyadari bahwa dalam proses penulisan makalah ini masih dari jauh dari kesempurnaan baik materi maupun cara penulisannya. Namun demikian,  penulis telah berupaya dengan segala kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
           Harapan penulis semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan serta dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Cepu,  September 2013

Penulis





DAFTAR ISI
Halaman Judul.....................................................................................................................   i
Kata Pengantar....................................................................................................................   ii
Daftar Isi.............................................................................................................................   iii
Bab I   PENDAHULUAN
1.1     Latar Belakang............................................................................................... 1
1.2     Rumusan Masalah........................................................................................... 2
1.3     Tujuan Penulisan............................................................................................. 3
Bab II PEMBAHASAN
2.1  Pengertian IAD, ISD, dan IBD..................................................................... 3
2.1.1 Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar).................................................. 3
2.1.2 Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)...................................................... 3
2.1.3Pengertian IBD (Ilmu Budaya Dasar).................................................... 4
2.2 Ruang Lingkup IAD, ISD,dan IBD................................................................ 5
2.2.1 Ruang Lingkup IAD (Ilmu Alamiah Dasar).......................................... 6
2.2.2 Ruang Lingkup ISD (Ilmu Sosial Dasar).............................................. 6
2.2.3 Ruang Lingkup IBD (Ilmu Budaya Dasar)........................................... 6
Bab III PENUTUP
3.1 Kesimpulan...................................................................................................... 7
3.2 Saran................................................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA




BAB I
PENDAHULUAN
1.1    Latar Belakang

Dewasa ini kita dihadapkan dengan masalah yang saling berkaitan, yaitu: suatu kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari suku-suku bangsa, dengan latar belakang sosial budaya yang beragam. Kemajemukan tersebut tercermin dalam berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu diperlukan sikap yang mampu mengatasi ikatan-ikatan primordial, yaitu kesukuan dan kedaerahan. Selain itu, Kemajuan dalam bidang teknologi komunikasi massa dan transportasi, membawa pengaruh terhadap Ilmu Alam.
Memang disadari Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar dianggap sanga perlu sekali dipelajari oleh Mahasiswa. Karena dengan penguasaan dari ilmu-ilmutersebut diharapkan Mahasiswa mempunyai sikap kritis terhadap gejala-gejala alam, dan mempunyai sifat kritis terhadap dinamika-dinamika sosial dan budaya.
Perlu diketahui bahwa IAD (Ilmu Alamiah Dasar), ISD (Ilmu Sosial Dasar), IBD (Ilmu Budaya Dasar) termasuk komponen MKU (Mata Kuliah Umum) yang tujuannya untuk merangsang mahasiswa dalam mengembangkan seluruh potensi manusiawinya dalam menjawab kenyatan-kenyataan kehidupan seluruh kehidupan alam, sosial, dan budaya masyarakatnya, untuk membentuk mental yang positif. IAD, ISD,dan IBD merupakan mata kuliah yang mengajak mahasiswa mempertanyakan atau mencari jawaban penerangan nilai-nilai yang ada untuk memecahkan masalah alam, sosial maupun budaya.
Dalam kesempatan makalah kami ingin mengupas tentang pengertian IAD, ISD, IBD; dan ruang lingkup IAD, ISD,IBD.
1.2   Rumusan Masalah
1. Apakah pengertian IAD, ISD, dan, IBD?
2. Bagaimana ruang lingkup IAD, ISD, dan IBD?

1.3    Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan makalah yaitu untuk mengetahui lebih jelas tentang pengertian, dan ruang lingkup IAD, ISD,IBD.













BAB II
PEMBAHASAN
2.1      Pengertian IAD, ISD, dan IBD
2.1.1        Pengertian IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
Ilmu Alamiah atau sering disebut Ilmu Pengetahuan Alam dan akhir-akhir ini ada juga yang menyebut Ilmu Kealaman, yang dalam Bahasa Inggris disebut Natural Sciences atau disingkat Sciences dan dalam bahasa Indonesia dengan istilah Sains.
Ilmu Alamiah Dasar yaitu Ilmu Pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala alam semesta, termasuk dimuka bumi ini. Ilmu Alamiah Dasar meliputi: fisika, kimia, astronomi, biologi, botani dan lain-lain.
IAD (Ilmu Alamiah Dasar) bertujuan supaya cakrawala pandang para mahasiswa semakin luas, sehingga akan mampu memecahkan persoalan pengetahuan alam dengan penalaran yang lebih konpherensif.
Selain itu, diharapkan mampu mengembangkan kepribadiannya agar peka dan cepat tanggap serta mau mengambil tindakan yang tepat, dan bertanggung jawab terhadap masalah perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam.


2.1.2        Pengertian ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Ilmu Sosial Dasar yaitu Ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Ilmu Sosial Dasar terdiri dari: sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi, dan lain-lain. (M. Arifin Hakim,2001:13).
Tujuan ISD (Ilmu Sosial Dasar) yaitu ISD membantu perkembangan wawasan penalaran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan yg lebih luas dan ciri- ciri kepribadian yg diharapkan dari sikap mahasiswa, khususnya berkenaan dengan sikap dan tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia- manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan secara timbal balik.
ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala - gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.

2.1.3        Pengertian IBD (Ilmu Budaya Dasar)
       Ilmu Budaya Dasar adalah suatu Ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar Kebudayaan, dan budaya memang merupakan salah satu jiwa dari nilai-nilai yang ada di masyarakat. Ilmu Budaya Dasar meliputi: bahasa, agama,kesusastraan, kesenian dan lain-lain.
Adapun  tujuan IBD (Ilmu Budaya Dasar):
Penyajian mata kuliah ilmu budaya dasar tidak lain merupakan usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Dengan demikian mata kuliah ini tidak dimaksudkan untuk mendidik ahli-ahli dalam salah satu bidang keahlian yang termasuk didalam pengetahuan budaya (the humanities) akan tetapi IBD semata-mata sebagai salah satu usaha untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nlai budaya.
         Berpijak dari hal diatas, tujuan mata kuliah ilmu budaya dasar adalah untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, khususnya berkenaan dengan kebudayaan, agar daya tangkap, persepsi dan penalaran mengenai lingkungan budaya mahasiswa dapat menjadi lebih halus. Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut IBD diharapan dapat:
1.  Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru.
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemansiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.

Jika diperinci maka tujuan pengajaran ilmu budaya dasar itu adalah :
1. Menimbulkan minat untuk mendalaminya.
2. Lebih peka dan terbuka terhadap masalah kemanusiaan dan budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut.
3. Mengusahakan kepekaan terhadap nilai-nilai lain untuk lebih mudah menyesuaikan diri.
4. Menyadarkan mahasiswa terhadap nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat, hormat menghormati serta simpati pada nilai-nilai yang hidup pada masyarakat.


2.2  Ruang Lingkup IAD, ISD, da IBD
2.2.1 Ruang lingkup IAD (Ilmu Alamiah Dasar)
                        Ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar adalah:
1.             Kelahiran Alam Semesta
2.             Masalah Tata Surya
3.             Asal Mula Kehidupan Di Bumi
4.             Perkembangan dan Variabilitas Makhluk Hidup

2.2.2  Ruang lingkup ISD (Ilmu Sosial Dasar)          
Kenyatan-kenyataan yang bersama-sama merupakan masalah sosial, sehingga biasanya suatu masalah sosial bisa ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda oleh bidang-bidang pengetahuan keahlian yang berbeda-beda, sebagai pendekatan tersendiri, maupun gabungan. Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kebutuhan serta pola pikir dan tingkah laku yang berbeda-beda.        

2.2.3 Ruang lingkup IBD (Ilmu Budaya Dasar)
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya mengungkapkan masalah kemanusian dan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) di dalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya, dalam kebudayaan masing-masing zaman dan tempat.



BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
      Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa IAD adalah kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Sedangkan ISD adalah pengetahuan yang menelaah tentang ilmu sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, teori, konsep) yang berasal dari berbagai keahlian dalam lapangan ilmu sosial, dan IBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
3.2 Saran
Dengan adanya makalah ini, diharapkan pada Mahasiswa agar lebih mudah memahami yang berkaitan dengan pengertian, dan ruang lingkup IAD, ISD, dan IBD.
                            







DAFTAR PUSTAKA
Mustofa, Ahmad.1997. Ilmu Budaya Dasar (IBD). Bandung: Pustaka Setia.

Hakim, M. Arifin.2001. Ilmu Sosial Dasar, Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Bandung: Pustaka Satya.

Prasetyo, J. Tri.1992. Ilmu Alamiah Dasar (Komponen MKDU). Surabaya: PT Bina Ilmu..

Wisnuardiansyah. 2010. Pengertian ISD Imu Sosial Dasar. http:// wisnuwardiansyah.wordpress.com/2010/10/03/pengertian isd-ilmu-sosial-dasar/. 2010. Nopember 3.

Izzati-site,blogspot.com/2012/09/ Pengertian dan Ruang Lingkup IAD, ISD, dan IBD.

Boedi. blogspot.com/ 2012/04 /Memahami Konsep Umum Tentang IAD, ISD, dan IBD.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar